Sejarah Masuknya Islam Di Nusantara Berwarna-warni

Sejarah masuknya islam di nusantara demikian warna warni,tetapi banyak ahli sejarah menggolongkan dalam tiga pereode geografi :

1. Datang dari jazirah Arab
2. Datang dari India dan Iran
3. Datang dari Cina

Ini adalah rahasia Allah untuk membumikan ajaran tauhidnya. Warna-warni madhab dulu rukun. Bahkan antara Hindu dan Budha yang di negeranya aslinya perang, di indonesia rukun, Katholik Kristen, yang di negara aslinya perang. Bahkan membelah negara Belgium dan Belanda, membelah Ingris dan Irlandia, membelah Jerman, di Indonesia juga rukun. Maka jangan belah Indonesia, karena adanya madhab yang warna-warni.

Dakwah ulama kuno yang terkenal dengan sebutan lembaga dakwah Wali Songo, sampai-sampai menempatkan seorang ulamanya menjadi penjaga kali. Namanya jadi Sunan Kalijogo, padahal nama aslinya Syeikh Maloyo atau Raden Sahid.

Sunan Kalijogo bukan menjaga kali, tetapi mengharmoniskan setiap aliran agama yang pada watu itu demikian banyak sebagaimana kali, yang pada akhirnya bermuara pada dinulnyang sempurna, yang menyelamatkan bernama Islam. Jadi Islam itu menyelematkan, kalau anda mengaku beragama Islam tetapi tidak menyelamatkan saudaramu, malah mengkafirkan saudaramu, bahkan dirimu sendiri tidak selamat dari pemikiran hedon mu, namanya engkau tidak beragama, tetapi keracunan agama.