Ziarah Wali Banten “Mempererat Silaturahmi”

Ziarah Wali Banten 2015 “Mempererat Silaturahmi” dilaksanakan tanggal 5-6 Desember 2015. Dalam rangka menyambut haul Gus Dur yang ke 6, Ponpes Abdurrahman Wahid Soko Tunggal II Jakarta beserta KBGD (Kongkow Bareng Gus Dur) melakukan kegiatan rutin yang di laksanakan setiap tahun dan pada setiap bulan Desember yaitu ziarah kepara wali dan sowan ke sesepuh ulama-ulama.

ziarahwali15_Ziarah dipimpin oleh sesepuh KBGD yaitu KH. Wahid Maryanto atau biasa disapa Pak Acun. Sebelum keberangkatan ziarah, KH. Nuril Arifin Husein memberikan doa agar selamat sampai tujuan dan berpesan agar kegiatan rutin ziarah setiap tahun ini jangan sampai hilang, ini adalah bukti kecintaan kita terhadap para wali dan ulama, Gus Dur pun selalu melakukan itu ziarah dan sowan ke para ulama karna kecintaan Gus Dur kepada para wali dan para ulama.

Berikut video dokumentasi Ziarah Wali Banten 2015 “Mempererat Silaturahmi” :

Catatan ziarah wali banten 2015
Diantara Hikmah dari Napak Tilas dan Silaturahim Ulama Banten dalam rangka menyambut Haul ke-6 Gus Dur:
1. Budayakan meminta maaf sebesar apapun pangkat dan jabatan kita. (Abah Uci, Cilongok).
2. Diantara yang menyebabkan Indonesia merdeka itu Doa Ulama Salafus Soleh-NU, bahkan ulama khos NU mengijtihadkan Doa Khusus agar Indonesia Merdeka-bacaan surat yang diijazahkan kemarin bersanad ke Kyai Soleh Darat & Syaikh Mahfudz Termas (Kyai Bahrul Amiq, Menes).
3. Pertahankan Pancasila, jangan ikut-ikutan ormas luar, diantara akibatnya banyak kitab-kitab klasik yang ditahrif orang yang tidak bertanggung jawab (wahabi) dan banyak perpecahan (Abuya Muhtadi Cidahu).
4. Orang soleh itu mampu mengekang syahwat dengan menahan lapar, diantaranya: refleksi dari penaklukkan 6 Gunung Himalaya (Abuya Munfasir Ciomas).
5. Jangan lalaikan Ibadah bila ingin selamat, diantaranya (Abah Sangadi, Serang).

(Penulis: Ahmad Syatibi)