Taslim itu Pasrah

Taslim itu makna pasrah, kepada siapa?

Tentu pasrah kepada Allah atau Tuhan semesta alam. Maka ketika engkau memasrahkan jiwa raga harta dan bendamu kepada Allah, artinya engkau taslim. Maka engkau disebut muslim, jadi muslim itu bukan hanya sebutan bagi pengikut dan pemeluk agamanya Nabi Muhammad saja.

Yang disembah yang dipasrahi segala penik nafasmu itu berbagai macam nama, ada yang mengatakan nama-nama Allah dalam asmaul husna itu ada 99, ada yang 100 dan ada yang menyebut 15.000 nama. Karena semua kebaikan itu adalah nama-Nya. Jadi Tuhan itu sudah disembah oleh makhluknya sebelum adanya Adam, maka jangan merasa nama Tuhanmu itu berbeda dan Tuhanmu juga berbeda dengan Tuhan yang disembah para nabi. Kalau Tuhanmu hanya disembah oleh agamamu dan nabimu saja, maka itu Tuhan baru sebelum lahir nabimu, tuhanmu belum menjadi Tuhan, bukan ?

Jadi beragama jangan fanatik buta dan sok bener sendiri, itu namanya kagetan, sehingga ada masalah sedikit sudah kaget. Karena agama cangkokan itu tidak akan bertahan lama dibandingkan dengan agama yang memiliki akar tunggang yang berakar di singgasana Allah yang ada di hati. Kalau dasarnya hati maka engkau sudah ada di istana dan duduk disamping singgasana Allah.